Rabu, 15 November 2017

SATLAN DAN SATKUNG PUTRI BK 2015 UHO


Satuan Layanan Bimbingan dan Konseling


       

Kelas                                                               : X (sepuluh)
Semester                                                          : 1 (ganjil)
Hari/ tanggal                                                   : Kamis/ 30 Maret 2017
Waktu penyelenggaraan                                  : 1 x 45 menit
Tempat                                                            : Ruang Kelas

Penyelenggaraan Layanan                              : Guru BK
Alat perlengkapan yang digunakan                : Laptop, LCD, Proyektor dan Alat tulis
Metode                                                            : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab

Penerapan
      1.      Topik permasalahan/bahasan                           : Bullying
      2.      Bidang Bimbingan                                          : Bimbingan Kelompok
      3.      Jenis Layanan                                                  : Layanan Informasi
      4.      Fungsi Layanan                                               : Pemahaman dan Pengentasan
      5.      Tujuan Layanan yang ingin dicapai                : Memberitahu pemahaman tentang bullying
dan menghilangkan kebiasaan bullying
      6.      Sasaran Layanan                                             : kelas X (sepuluh)
      7.      Uraian kegiatan dan materi                             :

Kegiatan awal
      1.      Salam pembuka, Guru menciptakan kondisi kelas yang kondusif sbelum memulai melaksanakan kegiatan bimbingan
      2.      Presensi
      3.      Memotivasi siswa
      4.      Tujuan Layanan, Guru melakukan kegiatan apersepsi. Guru menyampaikan topik dan tujuan yang akan dibahas pada pertemuan ini

Kegiatan Inti
            Eksplorasi :
       1.      Guru memberikan materi berupa bacaan buku/bahan sumber yang didapat dari internet
       2.      Guru memperlihatkan contoh bullying melalui pemutaran film/video
Elaborasi :
      1.      Menjelaskan tentang bullying (pengertian, dampak, dan sisi negatif yang ditimbulkan tentan bullying)
Konfirmasi :
        1.      Siswa mempelajari apa itu tindakan bullying dan mendiskusikan tentang bullying
        2.      Siswa mempraktikkan didepan kelas sebagai contoh
        3.      Menyimpulkan hasil diskusi dan diberikan oleh guru BK

Kegiatan Akhir
        1.      Siswa diminta menyampaikan manfaat yang diperoleh setelah menerima layanan
        2.      Guru BK menyampaikan harapan setelah siswa menerima materi layanan
        3.      Penutup

            Evaluasi dan tindak lanjut
         1.      Laiseg : Siswa mampu memahami tentang apa itu bullying
         2.     Laijapen : Siswa mampu menerima orang lain dan menghargai sebuah perbedaan
         3.     Laijapang : Siswa mampu memelihara tingkah lakunya dengan menghargai perbedaan
         4.     Tindak lanjut : Layanan konsultasi bagi siswa yang membutuhkan


Kendari, 20 Maret 2017
Konselor



Susmita Irdiana Putri .W. S.Pd,,Kons,M.Pd                       
 

Satuan Pendukung Bimbingan dan Konseling


A.    Jenis Satuan Pendukung                                 : Konferensi Kasus
B.     Topik Permasalahan/ Bahasan Siswa             : Tindakan bullying yang terjadi terhadap
                                                                          teman sebaya di sekolah
C.     Bidang Bimbingan                                          : Sosial
D.    Fungsi Kegiatan                                              : Pengentasan
E.     Tujuan Kegiatan/Hasil yang ingin dicapai      : Memperbaiki hubungan siswa yang
                                                                          melakukan tidakan bullying dan korban
                                                                          bullying
F.      Subyek yang mengalami masalah                   : Siswi IPS kelas XI
G.    Gambaran Ringkas Masalah                           :
Siswi A (inisial) tidak mampu beradaptasi dengan teman-teman dikelasnya, Siswi A cenderung memiliki kepribadian yang tertutup dan membuat teman-teman nya mengucilkan dirinya sehingga tindakan bullying pun terjadi karena kurangnya sikap sosial yang dimilikinya.
H.    Tempat Penyelenggaraan                                : Ruang Konseling
I.       Waktu/ Semester                                             : Ganjil
J.       Penyelenggaraan Kegiatan                              : Guru di sekolah terutama Guru BK, Wali
                                                                          Kelas, dan Kepala Sekolah
K.    Bahan dan keterangan yang dibawa dalam
Pertemuan                                                       :
1.      Data siswa 
2.      Laporan permasalahan yang terjadi pada siswa 
3.      Laporan absensi siswa 
4.      Penilaian hasil belajar siswa
L.     Pengguna hasil pertemuan                              :
M.   Rencana Penilaian dan tindak lanjut kegiatan
Penilaian proses                                               : Sebagai dasar pengambilan proses
N.    Keterkaitan kegiatan dengan Layanan/ kegia
tan pendukung lainnya                                    :
1.      Layanan Konseling perorangan 
2.      Layanan Konseling Kelompok 
3.      Himpunan Data
O.    Catatan khusus                                                : -



Kendari, 20 Maret 2017
Konselor


Susmita Irdiana Putri .W.                                                                       



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHAP-TAHAP MICRO KONSELING

Menurut Willis dalam bukunya yang berjudul Konseling Individual teori & Praktek (2010), Teknik konseling dalam mikro konseling yang...